TP 1 M1





Tugas Pendahuluan 1
== Percobaan 6 Kondisi 4 ==


  1. Membuka proteus
  2. Buka file proteus yang sudah disesuaikan dengan kondisi
  3. Running rangkaiannya
  4. Sesuaikan dengan kondisi yang diinginkan


Arduino Uno


LCD

Button











#include <LiquidCrystal.h> 
(Menginput library LCD)

// Define push button pins (deklarasi pin pada setiap push button)
#define PB1 A0 
#define PB2 A1 
#define PB3 A2 
#define PB4 A3 
#define PB5 A4 
#define PB6 A5 
#define PB7 12 
#define PB8 13 

// Initialize LCD (deklarasi objek LCD menggunakan pin yang telah ditentukan)
const int rs = 11, en = 10, d4 = 6, d5 = 5, d6 = 4, d7 = 3; 
LiquidCrystal lcd(rs, en, d4, d5, d6, d7); 

// Define variables to store button states (deklarasi variabel boolean untuk menyimpan status setiap tombol)
bool Button1, Button2, Button3, Button4, Button5, Button6, Button7, Button8; 

(Inisialisasi awal, termasuk inisialisasi Serial, LCD, dan penentuan mode pin untuk tombol)
void setup() { 
  Serial.begin(9600); 
  lcd.begin(16, 2); // Initialize LCD: 16 columns, 2 rows

  // Set push button pins as inputs ( mengatur pin push button sebagai input)
  pinMode(PB1, INPUT); 
  pinMode(PB2, INPUT); 
  pinMode(PB3, INPUT); 
  pinMode(PB4, INPUT); 
  pinMode(PB5, INPUT); 
  pinMode(PB6, INPUT); 
  pinMode(PB7, INPUT); 
  pinMode(PB8, INPUT); 

void loop() { 
  // Read the state of each push button
  Button1 = digitalRead(PB1); 
  Button2 = digitalRead(PB2); 
  Button3 = digitalRead(PB3); 
  Button4 = digitalRead(PB4); 
  Button5 = digitalRead(PB5); 
  Button6 = digitalRead(PB6); 
  Button7 = digitalRead(PB7); 
  Button8 = digitalRead(PB8);  

  //  menampilkan "LEI" ketika button 1-4 ditekan
  if (Button1 && Button2 && Button3 && Button4) { 
    lcd.clear(); 
    lcd.setCursor(0, 0); 
    lcd.print("LEI"); 
  } 
  // menampilkan DTE ketika button 5-8 ditekan
  else if (Button5 && Button6 && Button7 && Button8) { 
    lcd.clear(); 
    lcd.setCursor(0, 1); 
    lcd.print("DTE"); 
  } 
  // menampilkan default ketika tidak ada button yang ditekan
  else { 
    lcd.clear(); 
    lcd.setCursor(0, 0); 
    lcd.print("CEPAT TEKAN!!!"); 
    lcd.setCursor(0, 1); 
    lcd.print("Tekan yang Benar!!!"); 
  } 

  delay(100000); //mencegah perubahan tampilan yang terlalu cepat. Delay ini terlihat sangat panjang (100000 milliseconds atau 100 detik), dan mungkin merupakan kesalahan ketik
}


Modul 1: Percobaan 6 Kondisi 4
"Button 1 - 4 menampilkan LEI dikolom 1, Button 5 - 8 menampilkan DTE dikolom 2"




Rangkaian Proteus [Download]
Listing Program [Download]
Datasheets Komponen [Download]
Library [Download]
Video [Download]